Membuat Pelangi dengan Photoshop

Standard

Pertama, siapkan image sebagai Background (BG). Lalu buatlah layer baru di atas Layer BG tersebut, beri nama misalkan Pelangi.

Kedua, pilih Gradien tool (G pada keyboard), lalu pilih Linear Gradient (3), klik edit gradient (1) diteruskan dengan memilih gradien warna pelangi.

Dilanjutkan dengan mengedit warna pelangi yang ditunjukan oleh no. 2 pada gambar di atas dengan cara menggeser Opacity stop dan Colour stop. Kalau sudah merasa cukup klik OK

Dan nanti hasilnya terlihat seperti gambar di bawah ini

Ketiga, pastikan Gradient tool dan Linear Gradient aktif. Setelah itu tarik/drag mouse dari arah atas ke bawah di sesuai gambar BG. Semakin kecil jarak yang kita tarik, semakin kecil pula gambar pelangi yang dihasilkan (Gambar pelangi masih datar/lurus), begitupun sebaliknya.

Keempat, Langah berikutnya kita membuat pelangi yang masih datar tersebut menjadi melengkung dengan bantuan Filter – Distort – Polar Coordinates, klik Ok. Gambar yang dihasilkan sedikit oval. Untuk mengatasinya kita menggunakan Edit – Free transform ( Ctrl + T pada keyboard ), lalu kita menariknya ke arah kuar hingga terlihat lebih bulat dan  besar.

Kelima, geser/posisikan gambar pelangi yang masih terlihat bulat ke arah samping kiri atau kanan bawah supayahanya terlihat  sebagian. Lalu lakukan Crop ( C pada keyboard ). Perhatikan, pada bagian Bar diatas, nilai Crop hilangkan dengan meng-klik Clear ( Bar sebelah kanan atas ), ini bertujuan agar kita bebas meng-crop.

Keenam, biasanya pelangi terlihat samar-samar. Oleh karena itu kita berikan efek Blur. Filter – Blur – Gaussian Blur. Berikan nilai 7 atau 8.

Ketujuh, supaya pelangi terlihat pada bagian pangkal atau bawahnya semakin samar atau semakin hilang warnanya, kita memberikan efek masking. Tekan D pada keyboard untuk mereset BG. Aktifkan Layer Pelangi dengan cara meng-klik layer pelangi pada Layer Palette , kemudian klik  Gradien tool ( G pada keyboard ) dan pastikan Gradient yang dipilih adalah Linear Gradient dan berwarna hitam putih, opacity 80. Klik Add layer mask pada bagian paling bawah Layer Palette . Mulai masking memakai  Gradient tool dengan men-drag mouse dari atas ke bawah pada bagian bawah/tengah Pelangi. Dan haslinya seperti di bawah ini.

Terakhir, masih pada Layer Pelangi. Pada Layer Palette, kurangi Opacicty gambar pelangi 30 – 35 %

Dan inilah hasil akhirnya.

Demikianlah Tutorial yang bisa silentadmirer sampaikan. Walaupun masih banyak kekurangan, tapi tetap semangat untuk belajar. Mohon saran dan kritiknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s