Mengenal Tipe-tipe Istri (Bag.1)

Standard

Postingan ini merupakan tulis ulang dari buku karya Drs. M. Thalib Edisi Revisi (mohon izin menuliskannya lagi) yang saya dapat dari seorang teman sewaktu pertama kali merantau ke Jakarta. Sudah lama sekali saya tidak membacanya sehingga isinya juga banyak yang lupaūüėÄ, kemudian tulisannya juga sedikit saya rangkum.
Sesuai dengan yang tertera pada halaman Kata Pengantar, buku ini bertujuan membantu para suami atau calon suami untuk lebih dalam mengetahui karakter pasangannya masing-masing dengan cara menggali dan meneliti¬† sekaligus memberi petunjuk bagaimana cara meluruskan atau memperbaiki perangai kurang baik¬† pasangannya agar menjadi lebih baik bersumber dari Alqur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Lalu manfaat bagi para istri atau calon istri adalah sebagai tolok ukur untuk mengetahui apakah perangainya menyimpang atau tidak dari ketentuan Allah dan Rasulnya. Ada 11 tipe istri yang dibahas di dalam buku tersebut, termasuk didalamnya yang negatif dan yang positif.

1. Penyayang anak dan Suami

Rasulullah SAW bersabda : “Wanita yang paling baik yaitu wanita yang pandai mengendarai unta. Wanita Quraisyi yang terbaik yaitu¬† yang besar kasih sayangnya kepada anak kecil, pandai memelihara (harta)¬† dan melayani suaminya,¬† serta pandai membelanjakan harta suaminya yang sedikit.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim)

Penjelasan :

Mengendarai unta maksudnya menunggang dan mengendalikan unta sehingga mau berjalan dengan baik menuju tujuan yang dikehendaki  oleh penumpangnya. Digunakannya unta sebagai perlambang oleh Rasulullah karena unta merupakan hewan paling banyak di padang pasir. Unta ini juga disebutkan dalam QS. Al-Ghaasyyiyah (88)  ayat 17 :

“Dan apakah mereka tidak mau memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan?”

Tipe wanita yang Rasululah gambarkan ini merupakan tipe wanita baik dan ideal untuk dijadikan istri. Dalam membina rumah tangga istri paling dominan menentukan dan menciptakan suasana kehidupan keluarga yang harmonis serta penuh kebahagiaan , sedangkan di dalamnya terdiri dari suami dan anak-anak yang memerlukan penanganan yang berbeda.

Penanganan terhadap anak memerlukan cara tersendiri. Oleh sebab itu seorang ibu harus punya kiat bijaksana dan tepat agar anka-anaknya tidak merasa nyaman tapi tetap disiplin.

Disamping itu seorang istri juga harus pandai menciptakan suasana penuh kebahagiaan dan ketenangan bagi suaminya termasuk dalam mengelola keuangan yang diberikan suami. Dengan kata lain istri harus berwawasan ke depan, sekaligus menjadi pengawal suaminya untuk kebutuhan keluarga dimasa yang akan datang. Sang istri akan menumbuhkan kegembiraan san semangat hidup yang tinggi dalam mengendalikan urusan rumah tangga dan selalu mendorong kemajuan suaminya agar bisa memikul tanggung jawab keluarga dengan rasa suka cita.

Seorang istri bisa mencontoh Siti Khadijah, istri Rasulullah, yang sejak awal selalu membantu kehidupan beliau termasuk dalam dakwah Islam dan mengasuh putra-putri yang didapat dari Rasulullah dengan baik. Ada beberapa cerita tentang kasih sayang dan rasa cinta Siti Khadijah kepada Rasulullah termasuk kesetiaan paling besar ketika beliau pulang dari  Gua Hiro setelah menerima wahyu pertama kali.  (Ceritanya tidak saya cantumkan)

Setiap suami ataupun calon suami pastinya mendambakan pasangan yang seperti Siti Khadijah, oleh karena itu kita pasti ingin tahu ciri-ciri istri idaman tersebut. Untuk memperoleh bukti bahwa calon istri mempunyai tipe-tipe semacam itu, calon suami dapat melakukan penelitian dan pengumpulan data mengenai yang bersangkutan melalui, antara lain :

  • teman-teman terdekat calon istri;
  • famili atau tetangga calon istri;
  • menugaskan teman yang dipercaya atau orang yang bisa diandalkan kejujurannya untuk menyelidiki sifat calon istri (tidak bertujuan menguak aib seseorang)
  • atau pada zaman modern ini kita bisa konsultasi dengan psikolog yang banyak teradapat biasanya di kota-kota.

Jadi upaya untuk mengetahui tipe calon istri,  kita boleh menggunakan cara tradisional atau cara modern yaitu tes psikologi oleh pakar yang berkompeten di bidangnya.

Sumber bacaan : Mengenal Tipe-tipe Istri, ditulis oleh Drs. M. Thalib, tebal buku 160 halaman, Penerbit : Irsyad Baitus Salam

Bookmark and Share

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s